Ini Cara Cermat Dalam Memilih Ban



Siapa yang tidak setuju bahwa ban menjadi salah satu bagian terpenting ditubuh kendaraan, bahkan tidak sedikit pengendara mengakhiri hidupnya karena salah memilih ban.

Lalu bagaimana ya cara cermat dalam memilih ban? Ada beberapa tips sederhana dalam memilih ban untuk mobil kesayangan Anda.

"Di dinding ban itu sudah terdapat informasi yang lengkap terhadap tipe ban tersebut. Sehingga setiap pengendara dengan mudah mengetahui jenis ban tertentu. Dan tinggal disesuaikan dengan yang diinginkan," ujar menurut Technical Support Section Head Achilles Firdan Mulia di Wisma Achilles Kedoya Jakbar kepada detikOto.

Nah mau tahu bagaimana tips sederhana memilih ban? Yuk kita simak yang satu ini.

http://dangstars.blogspot.com/2014/03/ini-cara-cermat-dalam-memilih-ban.html

1. Konstruksi ban

Sebelum Anda mengganti ban, ada baiknya terlebih dahulu memahami ban yang akan dipilih. Apakah Anda akan memilih ban Radial atau ban bias?

Dimana yang embuat perbedaannya ada pada konstruksi didalam ban tersebut, Dimana setiap pabrikan memiliki dapur atau racikan yang berbeda.



2. Diameter rim atau pelek.

Lihatlah terlebih dahulu pelek yang Anda gunakan, terutama pada diameter yang dimiliki. Lalu pastikan ban akan Anda pilih telah sesuai dengan yang ukuran pelek.

Karena pemilihan ban yang tidak pas juga bisa membuat mobil Anda semakin lambat dan bisa membuat mobil akan semakin boros.




3. Perhatikan kemampuan ban

Setiap ban pasti memiliki kemampuan mengangkat beban. Tapi bisa dipastikan setiap ban memiliki kekuatan yang berbeda-beda.

Jangan khawatir, setiap pabrikan selalu memberitahukan berapa maksimal beban yang mampu diangkat oleh ban tersebut. Misalnya ban yang anda pilih menunjukkan mampu menahan beban 82 kilogram, maka dengan mudah menghitungnya.

Hanya tinggal mengkalinya 82 kilogram dikali 4 (karena ban mobil ada 4), jumlah itu disamakan dengan bobot kendaraan, apakah ban dengan kekuatan 82 kilogram cocok atau tidak dengan mobil Anda. Tidak berhenti sampai disitu, Anda juga harus tetap menjumlahkan dengan pengendara dan peumpang didalamnya.

Sehingga Anda bisa menentukan apakah ban yang akan Anda pilih telah cocok atau tidak untuk digunakan.



4. Alur desain ban

Sebelum Anda gaya-gayaan menggunakan ban terbaik menurut Anda. Anda juga harus benar-benar mengetahui apakah desain yang Anda pilih telah sesuai dengan yang Anda harapkan.

Misalnya disaat anda memilih desain yang sejalur, jelas ban ini akan menjadi pilihan yang tepat disaat hujan. Nah untuk lebih jelasnya Anda juga bisa langsung bertanya kepada penjual akan kelebihan desain ban yang telah Anda pilih.

Salam Vulkanisir