Membedakan Ngantuk Dan Malas-malasan

http://dangstars.blogspot.com/2014/07/membedakan-ngantuk-dan-malas-malasan.html
Ini Bedanya Ngantuk Beneran Atau Cuma Malas-Malasan di Akhir Pekan
Saat ini bulan puasa gak salah tuh kalo akhir pekan bisa jadi waktu yang dimanfaatkan untuk tidur apalagi mengingat berkurangnya aktivitas yang biasa dilakukan seperti makan, minum, atau jalan-jalan. Hal yang perlu diperhatikan,adalah mengganti utang tidur kalo bahasa ditempat saya tuh bangkong ,namun jika dilakukan tidak tepat justru akan membuat tubuh lemas.

Menurut, ahli gizi Rita Ramayulis DCN, MKes ( pada : health.detik.com) mengatakan ketika lelah, tubuh yang normal akan mengirim sinyal mengantuk. Sehingga, ketika akhir pekan tubuh terasa mengantuk berarti memang sudah saatnya untuk istirahat.
"Tapi harus kenali banget ini kondisi ngantuk untuk pemulihan tubuh atau cuma malas saja. Untuk itu, kita butuh mengenali diri kita," 

"Saat tubuh memang butuh tidur untuk pemulihan, tidurnya akan terasa nyenyak dan saat bangun segar. Kalau saat bangun tidur, nggak segar itu berarti memang kita malas-masalan saja. Justru akibatnya tubuh malah tidak bugar malah, makin capek, dan lemas,"

Kondisi mengantuk akibat malas-malasan juga akan membuat stamina seseorang menurun, gampang masuk angin, pilek, badan terasa pegal dan nyeri. Pasalnya, tidur yang hanya untuk bermalas-malasan akan membuat peredaran darah lebih lamban sehingga suplai oksigen berkurang.
"Kalau malas lakukan aktivitas yang memang hobi kita misalnya baca buku, nonton dvd, atau kegiatan yang bisa membuat tubuh bergerak. Kalau masih ngantuk juga, bisa cari partner untuk mengobrol," kata Rita.

Indikator lain untuk membedakan rasa kantuk guna memulihkan tubuh atau sekadar malas adalah jika sehari-hari sudah bisa tidur 6-8 jam, untuk orang dewasa tidak perlu mengganti utang tidur di akhir pekan .

Sebaliknya, jika merasakan beberapa hari tidur di bawah waktu enam jam dan saat akhir pekan terasa lelah lalu ingin tidur, Rita menyarankan untuk segera tidur karena hal itu memang berguna untuk proses pemulihan.