Modal utama yang harus dimiliki seorang blogger professional

http://dangstars.blogspot.com/2014/10/modal-utama-yang-harus-dimiliki-seorang-blogger-professional.html
Menjadi blogger sepertinya gampang-gampang susah. Gampang jika Anda sudah menguasai aktivitas blogging, namun susah jika masih belum menguasai. Sebelum Anda menjadi seorang blogger professional, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Mengapa saya sebut blogger professional? 

Hal tersebut karena blogger professional berbeda dengan blogger biasa yang hanya setengah-setengah atau tidak terlalu serius mengelola blognya. Sedangkan seorang professional harus meluangkan banyak waktu untuk mengelola blog miliknya dan mendapatkan penghasilan dari aktivitas blogging-nya. 

Memang biasanya tidak terlalu melelahkan menjadi blogger professional karena biasanya kita hanya duduk berjam-jam di depan komputer.

Nah, bagi Anda yang memang sudah sangat serius menjadi seorang blogger, berikut ini adalah ulasan tentang beberapa modal utama yang harus dimiliki seorang blogger professional:


1. Modal Komputer atau Laptop

Blog adalah situs yang dimuat untuk membuat postingan tulisan dan konten multimedia. Sudah barang tentu blog harus diakses menggunakan perangkat komputer baik jenis PC maupun laptop. Memang situs blog bisa diakses menggunakan tablet maupun perangkat mobile yang kecil, namun sepertinya kurang begitu lelusa.

Seorang blogger wajib memiliki komputer atau laptop sendiri. Alasannya sangat jelas, yakni agar bisa mengelola blog miliknya setiap saat maupun sekedar memantau setiap harinya. Sungguh janggal bila Anda seorang blogger namun masih menggunakan komputer umum. 

Kabar baiknya, sebagai blogger Anda tidak memerlukan sebuah komputer dengan spesifikasi tinggi, berbeda dengan gamer yang membutuhkan komputer lebih “canggih”.

2. Modal Pengetahuan

Menjadi blogger berarti Anda seperti sedang berada dibangku sekolah lagi. Anda harus kembali lagi belajar, mempelajari hal-hal baru. Sebagai contoh Anda harus mempelajari berbagai fitur yang dimiliki penyedia situs blog terkait. Blog memang bisa di modifikasi sedemikian rupa agar menarik, bisa dengan tambahan header (banner), background, mengatur layout, desain antar muka, mengubah tampilan dengan bahasa pemrograman seperti CSS maupun HTML dan sebagainya.

Dijaman ini tidak perlu bingung mencari pengetahuan seperti demikian karena ada banyak tutorial-tutorial yang ditulis para blogger lain. Yang penting Anda harus mencari tahu dan mengerjakannya. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memiliki pengetahuan bagaimana cara agar blog yang dikelola mendatangkan keuntungan. 

Sebagai contoh Anda harus mengetahui bagaimana cara mendaftarkan blog pada Adsense, kemudian mengerti proses memperoleh keuntungan dan cara pencairan uang yang dihasilkan dari Adsense.

3. Modal Ketrampilan

Selain harus memiliki pengetahuan, Anda juga harus memiliki ketrampilan untuk menjadi blogger professional. Salah satu ketrampilan yang penting adalah ketrampilan menulis karena penting untuk mengisi blog Anda. Pastikan penulisan tidak dilakukan sembarangan karena blog yang menarik tentu berisi berbagai artikel yang menarik dan memiliki bahasa yang tertata baik.

Selain itu pula, sebaiknya artikel dalam blog kalian berisi tulisan yang bermanfaat seperti bertema teknologi, politik, sosial, budaya, olahraga, pengetahuan umum, hobi, tutorial, bisnis dan sebagainya. Blog yang berisi konten SARA apalagi pornografi dipastikan tidak menarik serta hanya akan mendapat cemooh dan kritikan saja. Ketrampilan ini bisa dipelajari sembari Anda berjalan mengelola blog.

4. Modal Tanggung Jawab dan Disiplin

Bukan hanya calon anggota militer saja yang harus memiliki rasa tanggung jawab dan kedisiplinan. Seorang blogger juga harus memiliki kedua sikap tersebut. Tanggung jawab diperlukan, sebagai contoh adalah mempertanggung jawabkan seluruh artikel dan tulisan yang ada pada blog Anda. Karena banyak blogger yang memposting artikel informasi tidak jelas dan berisi kebohongan saja.

Sebaiknya, jika tulisan dianggap kurang pantas atau dikritik karena tidak benar, maka Anda harus siap untuk menghapus atau melakukan revisi kembali. Sedangkan rasa disiplin bisa dilakukan seperti rajin memposting artikel setiap hari, atau sekedar disiplin membalas komentar-komentar yang masuk termasuk juga membersihkan komentar-komentar yang tidak pantas.

Seorang blogger juga harus innovatif agar blog miliknya banyak dikunjungi. Dan terakhir, rajin-rajinlah mempromosikan halaman blog Anda melalui jejaring sosial, forum-forum internet maupun promosi secara offline.


Demikianlah beberapa modal utama yang harus dimiliki seorang blogger professional. Semoga bisa bermanfaat.