Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun Hannah Arendt Ke-108

http://dangstars.blogspot.com/2014/10/ulang-tahun-ke-108-hannah-arendt-di-google-doodle-hari-ini.html
Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun Hannah Arendt Ke-108
Ulang Tahun ke-108 Hannah Arendt diMeriahkan di Google Doodle Hari Ini

Logo Google di berbagai negara berubah pada Selasa (14/10) untuk menandai ulang tahun ke 108 teoritikus politis keturunan Jerman Amerika Hannah Arendt. 

Sementara di halaman utama Google Australia, mesin pencari raksasa itu mendedikasikan sebuah doodle untuk merayakan ulang tahun ke-135 dari penulis Miles Franklin.

Hannah Arendt dikenal karena konsep dan pemikirannya serta aktivitasnya dalam dunia politik. Arendt lebih memilih untuk disebut sebagai teoritikus politis dibandingkan sebagai seorang filsuf. Dalam doodle yang mereka buat, terlihat sketsa Hannah di mana dia memegang pena di satu tangan dan kertas di tangan lain.

Arendt adalah salah satu penulis politik paling berpengaruh di masanya. Dia lahir pada 14 Oktober 1906. Dalam karyanya dia membahas berbagai hal seperti demokrasi, totalitarianisme, modernitas dan banyak hal lainnya. 

Beberapa bukunya yang memberikan pengaruh besar bagi masyarakat kala itu adalah Men in Dark Times, The Human Condition, On Revolution, On Violence, The Origins of Totalitarianism. Arendt meninggal sebelum dia bisa menyelesaikan buku The Life of Mind. Buku itu akhirnya diterbitkan oleh asistennya.

Karya wanita ini juga menimbulkan kontroversi. Salah satu kritik utama yang dihadapi oleh Hannah ditujukan untuk salah satu bukunya Eichmann in Jerusalem yang diterbitkan pada 1963. Kemudian pada 2012, sebuah film soal buku ini dibuat di Jerman dengan judul Hannah Arendt. Para pemain dan film ini memperoleh banyak penghargaan.

Hannad Arendt meninggal pada 4 Desember 1975 di New York, Amerika Serikat (AS). Namanya dipakai sebagai nama sebuah penghargaan yaitu Hannah Arendt Prize. Banyak tempat, asteroid, bangunan dan sekolah dinamakan sesuai namanya sebagai bentuk penghargaan setelah kematiannya.


Ulang Tahun ke-108 Hannah Arendt diMeriahkan di Google Doodle Hari Ini

Google doodle hari ini menampilkan gambar seorang perempuan yang memegang alat tulis dan menghadap sebuah buku. Dia adalah Hannah Arendt. Google memasang gambarnya untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-108.

Siapakah Hannah Arendt? Wanita ini adalah seorang tokoh sekaligus seorang ilmuwan (teoretikus) politik asal Jerman. Hannah Arendt adalah salah satu diantara sedikit filsuf perempuan yang muncul dari belahan Barat. Lahir pada 1906, Arendt dikenal memiliki gagasan kritis dan pemikiran yang berjangkauan luas. Dia juga mampu membuktikan diri sebagai pemikir politik yang original dan berpengaruh.

Hannah lahir di Hannover, Jerman pada tanggal 14 Oktober 1906 dari sebuah keluarga Yahudi sekular di kota Linden yang waktu itu merupakan kota independen. Hannah kecil tumbuh besar di Königsberg serta Berlin.

Ulang Tahun ke-108 Hannah Arendt diMeriahkan di Google Doodle Hari Ini
Sumber: Specblo.com