Apa Itu SEO (Seach Engine Optimization) ?

http://dangstars.blogspot.com/2014/12/apa-itu-seo-seach-engine-optimization.html
Apa itu SEO ?
Optimasi Search Engine (Search Engine Optimization) Atau yang biasa disingkat SEO merupakan salahsatu langkah awal dalam mencapai puncak popularitas sebuah website ataupun blog.

SEO bisa kita artikan ataupun dikatakan cara-cara untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik sebuah website atau blog dari pencarian search engine melalui berbagai teknik.

Bisa juga diartikan SEO merupakan strategi bagi para pemilik atau pengembang web atau blog dalam membuat situs mereka gampang ditemukan pada search engine ,dengan demikian dapat mendapatkan hit rangking tertinggi.


Dengan demikian semakin web atau blog dihalaman utama ditiap search engine sudah tentunya pengunjung akan semakin bertambah dan hit tentunya dalam hal ini traffik web atau blog akan semakin tinggi sudah tentunya web atau bkog tersebut semakin banyak pengunjungnya.

Jangan terburu-buru untuk mendaftarkan sebuah web atau blog kita ke search engine,sebagai seorang blogger tentunya harus melakukan usaha-usaha terbaik terutama dalam menjalankan upaya strategi-strategi Optimasi Search Engine .

Mari sedikit kita saling berbagi dalam menjalankan kiat-kiat SEO yang bisa kita tempuh dalam rangka menuju puncak dan popularitas web atau blog atau situs kita pada pencarian-pencarian search engine.

Jadi apa itu SEO atau bisa disebut sebagai SEO blog atau SEO website? Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu teknik atau suatu proses untuk meningkatkan posisi halaman web ke posisi pencarian terbaik di search engine seperti:


http://dangstars.blogspot.com/2014/12/apa-itu-seo-seach-engine-optimization.html
Bagi saya, gambar diatas merupakan alur Search Engine Optimization yang sesungguhnya dari 'apa itu SEO', meskipun ada teman-teman yang tidak setuju.

Halaman Web. 
Pertama yang dilakukan adalah mempunyai halaman web dari blog atau website yang memiliki konten berkualitas.

Menulis Konten atau Artikel Blog yang Berkualitas, Beberapa Cara dan Tips.

Cara dan tips menulis konten atau artikel blog yang berkualitas yang sesuai untuk visitor sangat relatif sekali tetapi cara dan tips menulis konten blog yang berkualitas yang sesuai untuk Google, agar sebuah posting atau artikel dapat diindex dengan baik di SEO.

Membuat konten atau artikel yang berkualitas merupakan salah satu cara paling mendasar dari cara membuat blog.

Berikut adalah cara dan tips menulis konten atau artikel berkualitas di blog untuk Google agar konten blog atau sebuah posting dapat mencapai peringkat baik di SERP Google. Sebelumnya saya sudah menulis cara-cara mengatasi Google Panda secara umum, sedangkan cara dan tips SEO untuk menulis konten blog yang berkualitas dibawah ini saya usahakan spesifik untuk sebuah posting:

Membuat posting yang sesuai dengan niche atau tema blog atau website. Menulis sebuah posting yang relevan dengan tema blog akan juga menaikkan keyword density di tingkat blog, apalagi jika kita membuat internal link yang sesuai.

Konten blog yang fresh. Bagi saya, konten atau artikel blog yang fresh adalah hasil dari pemikiran kita sendiri karena sifatnya yang unik. Meskipun judul posting dan niche-nya sama, tetapi cara menulisan, kata-kata dan maknanya akan sangat unik meskipun kita mendapatkan referensi dari berbagai macam sumber. Kalau saya biasanya menulis apa yang ada di otak saya ,setelah semua selesai kemudian saya review kembali, jika semua sudah baik baru saya publish.

Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Menulis secara terperinci mulai dari pembukaan, penjelasan dan penutup tulisan. Jangan pikirkan dahulu keyword density karena keyword density bisa ditambahkan kemudian. Biarkan diri kita mencurahkan semua pemikiran kita kedalam tulisan terlebih dahulu agar semuanya lebih sempurna.
Tautkan (outbound internal link) kata-kata yang ada di posting ke posting-posting lain yang berhubungan.

Menambahkan tag, labels, categories dan geo tagging yang sesuai.

Setelah posting saya di-index Google selesai, saya cek posting tersebut untuk keyword yang berhubungan di SERP Google. Jika posisinya sudah bagus, posting tersebut saya diamkan dan hanya saya edit jika ada tulisan yang perlu ditambahkan atau direvisi.

Jika posisinya kurang bagus, maka posting saya edit dan saya sisipkan keyword target didalam konten dengan tidak akan merubah pengertian dari konten atau artikel tersebut. Perlu diingat juga, posisi posting di SERP Google untuk keyword tertentu dipengaruhi juga oleh keyword density dari blog (ini berhubungan dengan point pertama diatas).

Tautkan posting tersebut dari posting-posting lain di blog anda yang berhubungan (ini kebalikan dari tautan diatas atau saya sebut inbound internal link).

Mohon baca juga posting saya "Content is The King", "Cara Membuat Blog untuk Pemula", "Tips SEO untuk Posting" dan "Cara Mengatasi Google Panda" untuk memperjelas cara dan tips membuat konten yang berkualitas.

Konten atau artikel blog merupakan 'tulang punggung' untuk SEO Google, baik untuk SEO Blogspot/SEO Blogger maupun SEO WordPress.

Ter-index. 
Halaman-halaman web tadi harus terindex dengan baik di search engine seperti Google. Banyak cara untuk mempercepat index Google.

Cara Mempercepat Index Google

Cara Mempercepat Index Google adalah cara teknik SEO yang paling awal. Setelah membuat dan mem-publish postingan kita, perlu beberapa saat untuk Google memasukkan postingan tersebut kedalam search index dan menampilkannya kedalam SERP menurut keyword yang kita masukkan melalui Google Search. Selanjutnya SEO blog atau SEO website yang dilakukan kemudian dapat direncanakan dengan lebih baik setelah kita melihat hasil index yang dihasilkan oleh Google melalui SERP.

Meskipun waktu Google melakukan crawl ke website kita tidak ditentukan oleh Google tetapi ada 2 cara yang direkomendasikan oleh Google agar postingan yang baru kita publish dapat ter-index di Google, yaitu melalui: Alamat site untuk mengirimkan URL alamat website untuk mempercepat index oleh Google ke Google adalah:

http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl atau link 'Add Your URL'



Mengirimkan Sitemap Website anda melalui Google Webmaster Tool

Anda harus membuat dan mempunyai akun Google terlebih dahulu sebelum masuk ke Google Webmaster Tool (Anda dapat mengklik link seperti pada gambar pertama diatas). Kemudian anda harus meregister website anda dan memverikasinya. Dari menu 'Site configuration' kemudian 'Sitemaps' anda bisa mengirimkan Sitemap website anda. Ini salah satu manfaat Google Webmaster Tools.



Kapan Google akan meng-crawl dan kemudian meng-index website tidak bisa ditentukan tetapi kita sudah 'memberitahu' jika website kita ingin di-crawl & di-index oleh Google :)

Cara lain Mempercepat Index Google

Ada cara teknik lain untuk mempercepat index Google yang menggunakan kelebihan Google Caffeine, yaitu kemampuan cara terbaru Google yang dapat melakukan crawl dan index yang jauh lebih cepat untuk website-website yang memiliki Google PageRank tinggi.

Caranya adalah dengan mencari backlink yang berkualitas.


Saya tidak menggunakan teknik Ping Services untuk mempercepat index blog SEO ini di Google yang banyak disarankan oleh para Pakar SEO karena takut dianggap spam oleh Google. Hal ini dikarenakan melakukan ping akan mengirimkan paket data yang cukup masif ke search engine. Untuk Google, saat ini sedang serius 'memerangi' spamming yang terjadi di internet, oleh karena itu saya tetap menggunakan cara-cara teknik mempercepat index blog yang disarankan oleh Google.

Selamat mencoba.

Cara mempercepat index Google atau metode SEO Dasar atau SEO Google ini berguna sebagai referensi untuk cara membuat blog.

Cara mempercepat index Google ini juga merupakan dasar cara teknik SEO Google baik melalui SEO Blogspot/SEO Blogger maupun SEO wordPress.
Posisi atau Ranking. 

Posisi atau ranking merupakan hasil SEO yang pertama. Setting SEO yang baik akan memberikan posisi atau ranking di Google yang baik pula, maka belajar SEO menjadi sangat penting.

Traffic. 
Posisi atau ranking yang baik di search engine tidak selalu mendatangkan traffic yang bagus juga. Perlu melakukan research di Google Keyword Tool untuk mengetahui keyword-keyword yang memiliki traffic yang baik di Google. Melakukan off page yang baik akan memberikan tambahan traffic diluar search engine.

Nilai. 

Ketika traffic pengunjung meningkat, apakah blog atau website anda dapat mendatangkan nilai yang diinginkan? jika belum, maka CRO atau Conversion Rate optimization sangat diperlukan.


Melakukan teknik Google SEO harus mendapatkan nilai yang diinginkan, seperti penjualan produk yang membaik atau penghasilan dari iklan yang meningkat, tidak sebatas hanya mendapatkan ranking 1 di SERP Google.


Teknik SEO untuk Google tetap menjadi yang banyak dilakukan blogger maupun webmaster karena traffic dari Google sangat tertarget dan mayoritas pengguna search engine masih memakai Google sebagai alat pencariannya di Internet. Kombinasi dengan social media seperti Facebook dan Twitter aja sangat membantu proses SEO itu.

Materi dan panduan SEO Google sebagian bisa didapatkan di Blog SEO untuk Indonesia ini.

Ada 2 macam SEO Google, yaitu:


1.On page SEO/In-Page/On-Site SEO:

2.SEO On Page | Apa itu Teknik On Page SEO?

1.Apa itu Teknik On Page SEO? 

Seperti telah saya tulis di posting 'Apa itu SEO?' di blog SEO untuk Indonesia ini, SEO On Page adalah bagian dari teknik SEO Google yang lebih memfokuskan kegiatan teknik SEO pada blog/website atau halaman-halaman blog/website itu sendiri.

Bagi saya, melakukan teknik SEO On Page dimulai sebelum membuat blog atau website, dari membuat tema dari website atau blog yang akan dibuat tetapi jika anda sudah membuat blog atau website maka beberapa langkah pertama dibawah ini bisa diteruskan ke langkah berikutnya.

Langkah-langkah teknik On Page SEO untuk Website atau Blog dibawah adalah bagian-bagian dari SEO On Page itu sendiri:

Memilih nama domain yang sesuai dengan tema anda, sehingga domain website atau blog anda memiliki keyword utama yang anda inginkan untuk hasil pencarian Google di SERP Google.

Memilih template website atau blog yang tidak terlalu besar ukurannya. Besarnya ukuran halaman web atau blog (termasuk halaman utama) sangat berpengaruh kepada kecepatan akses website atau blog. Ini akan berpengaruh pada hasil SEO di SERP Google.

Pastikan template website atau blog anda mempunyai struktur Heading Tag H1 sampai H6, Ini bagian dari SEO Dasar Google.

Pastikan template website atau blog anda memiliki struktur URL yang SEO friendly.
Pastikan template website atau blog anda memiliki sistim navigasi dan sitemap yang baik, sehingga pengunjung maupun Googlebot dapat dengan mudah merayapi situs anda.

Pastikan template website atau blog anda comply dengan aturan W3.
Memilih web hosting yang memiliki kecepatan akses ke blog atau website yang baik. Karena server Googlebot yang melakukan crawl dan index berada di kantor pusat Google di Mountain View, USA, maka memilih web hosting di USA sangat disarankan.

Memilih judul blog atau judul website yang memiliki keyword utama seperti pada pemilihan domain diatas.

Usahakan anda memiliki outbound link (link keluar) dibawah 100 link.

Mengaktifkan tempat pengunjung untuk berkomentar karena ada sebagian anggapan dari para pakar SEO bahwa banyaknya komentar merupakan salah satu algoritma Google untuk pencarian.

Teknik SEO On Page pada bagian posting atau halaman website atau blog seperti berikut:

INGAT, content merupakan hal yang paling penting untuk on page SEO. Berkualitasnya content akan mempermudah anda melakukan SEO on page.

Memilih judul posting yang memiliki keyword yang relevan dengan content halamannya.Menggunakan manfaat Google Keyword Tool penting untuk melihat keyword yang populer di Google dan yang sesuai dengan topik yang akan ditulis.

Content atau isi halaman adalah SEO On Page yang berpengaruh sangat dominan untuk SEO Google. Buatlah halaman yang berisikan content unik, fresh dan berkualitas.

Jika anda menggunakan gambar, tambahkan atribut ALT dan TITLE pada code HTML-nya.Ini untuk memudahkan Googlebot melakukan index gambar anda dan sekaligus menambahkan keyword halaman anda.

Buatlah internal link dengan anchor text yang menghubungkan antar halaman website atau blog anda yang relevan satu sama lain (internal link). Jangan lupa juga untuk menambahkan atribut TITLE pada code HTML anchor text anda.Usahakan membuat hanya 1 anchor text untuk link-link yang sama.

Memasukkan keyword-keyword utama kedalam content, setelah anda membuat content, sangat disarankan untuk menaikkan keyword density halaman website anda. Tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menambahhkan keyword-keyword tersebut.

Selain On Page SEO anda juga perlu mengetahui tentang teknik Off Page SEO. Teknik SEO Dasar Google ini berguna sebagai referensi untuk belajar SEO dan cara membuat blog.
SEO yang dilakukan pada apa yang ada di halaman web itu, seperti optimisasi judul, URL, meta tag, struktur halaman web maupun analisa kata kunci atau keyword density blog.

2.Off Page SEO/Off-Site SEO;

SEO Off Page | Apa itu Teknik Off Page SEO?

Apa itu Teknik Off Page SEO? 

Teknik SEO Off Page adalah kegiatan teknik SEO Dasar Google yang dilakukan untuk menghubungkan website atau blog kita dengan website atau blog yang lain, atau semacam 'pergaulan' website. 

 

Teknik Off Page SEO ini tidak hanya berupa tautan atau link dari luar website kita tetapi juga traffic yang berasal dari kegiatan promosi website atau blog kita. Jadi, menurut saya, teknik Off Page SEO Google tidak hanya membangun backlink yang relevan saja tetapi juga harus bisa membangun traffic dari tautan-tautan tersebut.


Google sepertinya menyukai jika website atau blog kita memiliki 'komunitas' yang baik yang sesuai dengan tema dan content website atau blog tersebut. Google menyebutnya dengan relevansi. Jadi selama kita mendapatkan inbound link atau backlink yang relevan dengan website atau blog kita, maka website atau blog kita akan mendapatkan ranking lebih bagus di SERP Google.

Sebagai contoh: Blog SEO mempunyai backlink dengan Blog SEO lain atau terdaftar di Directory khusus website-website SEO.

Jika outbound link dengan anchor text adalah proses On Page SEO, maka membuat inbound link atau backlink adalah sebagian proses teknik Off Page SEO.

Tips SEO untuk teknik Off Page SEO:

Melakukan 'Blog Walking' ke blog-blog yang relevan dengan tema dan content blog anda dan memberikan komentar yang membangun di blog-blog yang anda kunjungi.
Jika ada pengunjung blog anda memberikan komentar, kunjungi balik blog pengunjung tersebut dan beri juga komentar yang membangun.

Daftarkan website atau blog anda ke DMOZ.org

Buat internal link antar halaman website atau blog anda dengan anchor text yang sesuai dengan content halaman yang dituju.

Promosikan website atau blog anda di Facebook, Twitter, Digg, Squidoo dan Delicious agar anda bisa mendapatkan traffic dan backlink tambahan meskipun sebagian dari situs-situs tersebut hanya menset nofollow untuk outbound link mereka.

Berpromosi di situs-situs 'terpercaya', signature di email anda atau melalui media offline seperti kartu nama dan jangan lupa mencantumkan URL website atau blog anda.

Selain Off Page SEO anda juga perlu mengetahui tentang teknik On Page SEO. Teknik SEO Dasar Google ini berguna sebagai referensi untuk belajar SEO dan cara membuat blog.

Teknik SEO ini lebih kepada membangun jaringan atau membangun links, yaitu membangun bagaimana halaman web kita dapat diakses atau berhubungan dengan halaman web yang lain.

Dengan penjelasan yang singkat ini, mudah-mudahan anda dapat memahami 'apa itu SEO'.