Ulang Tahun ke 125 Duke Kahanamoku

Ulang Tahun ke 125 Duke Kahanamoku
Google Doodle Menandai Apa Yang Akan Menjadi Ulang Tahun “Duke Kahanamoku” Yang Ke-125

Tepat Hari ini 24 Agustus “Google Doodle” memperingati ulang tahun kelahiran atlit renang Hawaii-Amerika, Duke Kahanamoku. Dia adalah seorang peraih medali Olimpiade dengan kemenangan lima kali di cabang olahraga renang, dia juga merupakan seorang aktor dengan membintangi lebih dari selusin film, penegak hukum, pemain voli pantai, dan pengusaha yang diakui karena menyebarkan olahraga surfing. 

Dikenal juga sebagai Duta Besar Aloha, Kahanamoku sudah berkeliling dunia, membawa surfing ke orang-orang seperti yang berada di California, Australia dan Selandia Baru selama hidupnya.

24 Agustus menandai apa yang akan menjadi ulang tahunnya yang ke-125. Kahanamoku telah memenuhi syarat untuk tim renang Olimpiade AS pada tahun 1912. Pada Olimpiade di Stockholm tahun itu, ia memenangkan medali emas pada jarak 100 meter dengan gaya bebas, dan medali perak untuk putra sekitar jarak 4×200 meter dengan gaya bebas estafet.

Dia mengakhiri olahraganya di 100 meter dengan menyabet medali perak selama Olimpiade 1924 di Paris, pada usia 34, ini merupakan medali Olimpiade terakhir Kahanamoku, ia juga adalah seorang tim polo air AS di Olimpiade 1932. Di antara kompetisi Olimpiade, dan setelah pensiun dari Olimpiade, Kahanamoku melakukan perjalanan internasional untuk memberikan pertunjukan berupa olahraga berenang. Ia selama periode ini mempopulerkan olahraga surfing, yang sebelumnya hanya dikenal di Hawaii, dengan memasukkan berselancar ke pertunjukan kunjungannya.

Meskipun Kahanamoku tinggal di Newport Beach, California pada tanggal 14 Juni, 1925, Kahanamoku telah menyelamatkan delapan orang dari sebuah kapal nelayan yang terbalik karena ombak yang sangat besar ketika mencoba untuk memasuki pelabuhan kota tersebut. Nama Kahanamoku ini juga digunakan oleh Club Duke Canoe & Barefoot Bar, sebuah bar yang berada di tepi pantai dan restoran katir Waikiki di sebuah Hotel yang berada didekat pantai.

Beberapa jaringan restoran menggunakan namanya di California dan Hawaii yang disebut Duke, tak hanya itu, sebuah patung perunggu di Pantai Waikiki di Honolulu memberikan penghargaan untuk mengenang seorang maskot pada waktu itu, Kahanamoku. Semua orang merasa kehilangan pada saat itu, seorang bintang surfing ini meninggal karena serangan jantung pada tanggal 22 Januari 1968 di usianya yang ke 77.