Ciri-Ciri Sperma Sehat

Nah, berikut beberapa ciri dari sperma yang sehat:
Sperma atau spermatozoa adalah reproduksi pria yang diproduksi oleh testis saat pria mengalami pubertas dan biasanya berlanjut hingga seorang pria berusia 70-an. Jadi, ketika seorang pria mengalami ejakulasi, ada sekitar 2 hingga 7 juta sperma yang meninggalkan tubuhnya.

Sayangnya, tidak semua pria mempunyai sperma sebanyak itu. Ada beberapa pria yang mengalami sperma yang sedikit sehingga kesehatan dan kesuburan sperma diragukan. Padahal, kesuburan dan kesehatan sperma seorang pria merupaka hal yang sangat penting dalam pembuahan, selain kualitas sel terlur yang baik juga tentunya.

Selain kualitas sperma yang cukup, kemampuan sperma yang baik dalam berenang menuju sel telur juga diperlukan. Ada beberapa hal yang menentukan kualitas sperma seorang pria baik atau tidak. 


• Kuantitas

Sperma yang sehat biasanya akan menghasilkan lebih dari 15 juta/milliliter. Nah, setiap seorang pria berejakulasi setidaknya ada sekitar 4 jutaan sperma ada di dalam air mani yang keluar. Jadi semakin banyak jumlah sperma yang dihasilkan maka akan semakin besar pula kesempatan seorang wanita untuk hamil.

• Kualitas

Kualitas yang sehat pada sperma seorang pria adalah yang memiliki kepala berbentuk oval dan berekor panjang. Semakin banyak sperma yang berbentuk normal seperti itu, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk dikategorikan sebagai seorang pria yang subur. Akan tetap ada kalanya, sperma memiliki kekurangan, misalnya saja saja seperti kepala yang tidak berbentuk oval sempurna dan ekor yang bengkok. Nah, keabnormalan sperma tersebut umumnya akan mempengaruhi kemampuan sperma saat akan mencapai dan membuahi sel telur.

• Gerakan 

Untuk mencapai dan menembus sel telur, sperma harus dapat berenang dan bergerak dengan cepat melalui leher rahim wanita dan saluran tuba. Hal tersebut dikenal dengan mortilitas. Bagi pria yang subur, ada sekitar 40 persen atau lebih sperma akan bergerak masuk ke rahim untuk membuahi sel telur. Kecepatan sel sperma saat berenang sangat diperlukan, karena perjalanan sperma mencapai sel telur tergolong panjang.




Untuk menghasilkan sperma yang sehat, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan. Nah, berikut beberapa caranya:

1. Seks yang aman

Infeksi menular seksual, seperti klamidia dan gonore adalah penyebab utama dari infertilitas bagi pria dan wanita. Oleh karena itu, Anda harus melindungi diri Anda dengan melakukan hubungan seks yang aman dan bersih. Caranya dengan membatasi pasangan seksual Anda dan menggunakan kondom setiap kali Anda berhubungan seksual.

2.Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang sehat dan bergizi pun dapat membantu kualitas dan kuantitas sperma Anda. Pilihlah banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan, di mana hal tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan sperma.


3.Menjaga berat badan

Menjaga berat badan agar idel adalah cara lain dalam menjaga kesehatan sperma. Pasalnya, beberapa penelitian mengatakan bahwa obesitas berpengaruh buruk terhadap kualitas sperma, dapat mengurangi jumlah sperma, dan menghambat pergerakan sperma (menjadi lambat).

4.Kelola stres

Stres dapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu hormon yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma.

5.Berolahraga

Berolahraga atau meakukan aktivitas fisik pun dapat membantu menjaga kesehatan sperma. Oleh karena itu, sertakan olahraga setiap harinya minimal 30 menit. (DV)



Ditinjau oleh: dr. Aria Wibowo

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak