Tips untuk Tetap Sehat Selama Imlek

Tips untuk Tetap Sehat Selama Imlek
TAHUN Baru Imlek kali ini akan menjadi waktu liburan yang panjang. Bersamaan dengan waktu perayaan dan liburan, Anda harus tetap menjaga kesehatan agar bisa berkumpul dengan kerabat keluarga dan sahabat.
Dari sekian banyak tradisi khas Imlek, ada beberapa yang mungkin akan membuat kebugaran dan kesehatan Anda jatuh. 


Pilih makanan dari ikan

Yu sheng yang disebut makanan pembawa keberuntungan sering menjadi pilihan banyak keluarga saat Imlek. Ritual makan makanan ini memang menyenangkan dan bisa membawa berkah, namun bila pilihan makanan yang dicampurkan di dalamnya tidak menguntungkan Anda, untuk apa?

Yu sheng biasa disajikan dengan udang kering yang mengandung banyak MSG. Beberapa orang mungkin sensitif dengan ini. Kenapa tidak ganti sayuran dan ikan yang mengandung omega tiga. Tahun Baru China juga terkait dengan ikan dari kata “yu” yang juga berarti “berlimpah".

Pilih biji-bijian dan kacang daripada manisan

Biji labu, biji semangka panggang bersama dengan manisan akar teratai adalah ciri khas Tahun Baru China. Tak hanya itu, kue manis, seperti nastar, juga menjadi makanan khas hari raya ini. Sebaiknya Anda menghindari makanan manis tersebut dan lebih memilih makanan sehat yang dipanggang tanpa tambahan gula atau garam.


Jangan berlebihan dengan jeruk mandarin

Buah-buahan segar selalu menjadi pilihan yang baik. Seperti jeruk mandarin yang tinggi vitamin C, Vitamin A, folat, dan kalium. Namun, jika terlalu banyak dimakan, gula alami dalam buah tersebut dapat cepat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, jeruk mandarin juga diresepkan untuk orang-orang yang kekurangan ‘Yang’ karena dapat membawa 'kehangatan' kepada orang tersebut. Sehingga bila AndaMakan berlebihan, Anda bisa sakit tenggorokan karena tubuh Anda mencoba untuk melepaskan panas.

2 Comments

Kalau ga sehat ga bakalan bisa ikut merayakan...ya kan bang..heee

Reply