Algoritma pencarian terbaru dari Google. Dulu saya pernah membuat postingan tentang Google Caffeine Search Engine,
yaitu algoritma baru yang digunakan Google dalam menentukan hasil
pencarian di mesin pencarinya. Hasilnya Caffeine telah memberikan hasil
pencarian yang lebih banyak dan jauh lebih baik. Konten yang ditampilkan
juga jauh lebih baik.
Dengan memasukkan kata kunci yang dicari, Google
akan mengeluarkan lebih banyak hasil pencarian dibandingkan dengan
engine yang lama.
Sebelumnya, sistem index Google diambil
dengan mengambil bagian-bagian kecil dari web setiap harinya,
meng-index-kannya untuk kemudian memunculkan ke dalam hasil pencarian.
Dengan Caffeine, Google menjelajahi seluruh web dan menemukan informasi
baru, untuk kemudian di-index-kan sesegera mungkin.
Caffeine ini
mulai digunakan Google sekitar bulan Juni 2010 dan menghasilkan web
indexing yang lebih baik dan lebih baru (menampilkan hasil pencarian
yang lebih baru sekitar 50 persen) dibandingkan index Google sebelumnya.
Sekitar bulan Pebruari 2011, Google kembali memperbaharui algoritma hasil pencariannya (Google Panda)
dengan lebih memprioritaskan konten yang orisinal, memiliki analisis
mendalam dan punya manfaat tinggi untuk user untuk tampil di deretan
atas hasil pencarianya, dan mulai membendung serta menyingkirkan
keberadaan situs yang dinilai berkualitas rendah yaitu halaman-halaman
situs yang hanya mempunyai sedikit konten dan malah membawa user ke
halaman yang tidak penting, junk, spam dan lain-lain untuk tampil di
deretan atas hasil pencariannya.
Kini Google kembali memperbaharui
algoritma hasil pencariannya dengan menampilkan hasil yang lebih up to
date. Salah satu karyawan Google, Amit Singhal dalam postingan blognya
menyebutkan pembaruan algoritma ini dilakukan mengingat begitu
pentingnya kecepatan penyampaian informasi di zaman sekarang ini.
Dengan
algoritma baru ini, Google akan memprioritaskan hasil pencarian dari
sumber-sumber terbaru soal peristiwa terkini dan akan memberikan dampak
sekitar 35 persen lebih baik dari system yang lama dan betul-betul akan
memberikan hasil pencarian yang lebih up-to-date dan relevan untuk
konteks kekinian. Misalnya ketika anda mengetikkan keyword atau kata
kunci “moto gp” walau tanpa embel-embel 2011 (moto gp 2011), maka yang
akan ditampilkan adalah hasil terbaru dari ajang balap kuda besi
tersebut, misalnya : 19 minutes ago – motogp.com · Stoner powers to
Valencia victory. Contoh lain ketika kita mengetikkan kata kunci
“olympics” maka yang akan ditampilkan adalah olympics London 2012.
Dengan
model algoritma seperti itu biasanya yang merajai hasil deretan paling
atas pada hasil pencarian Google adalah web-web yang selalu up to date
macam portal berita. Lantas bagaimana dengan web atau blog yang jarang
diupdate? yaa siap-siap aja turun peringkatnya, walau tidak selamanya
seperti itu karena dalam konteks tertentu Google masih akan memberikan
peringkat yang bagus kepada hal-hal yang masih banyak dicari dan
dibutuhkan oleh pencari informasi walau itu kontent lama.
Referensi :
Official Google Blog
Official Google Blog
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak