Algoritma pencarian terbaru dari Google

Algoritma pencarian terbaru dari Google. Dulu saya pernah membuat postingan tentang Google Caffeine Search Engine, yaitu algoritma baru yang digunakan Google dalam menentukan hasil pencarian di mesin pencarinya. Hasilnya Caffeine telah memberikan hasil pencarian yang lebih banyak dan jauh lebih baik. Konten yang ditampilkan juga jauh lebih baik.
Dengan memasukkan kata kunci yang dicari, Google akan mengeluarkan lebih banyak hasil pencarian dibandingkan dengan engine yang lama.
Sebelumnya, sistem index Google diambil dengan mengambil bagian-bagian kecil dari web setiap harinya, meng-index-kannya untuk kemudian memunculkan ke dalam hasil pencarian. Dengan Caffeine, Google menjelajahi seluruh web dan menemukan informasi baru, untuk kemudian di-index-kan sesegera mungkin.
Caffeine ini mulai digunakan Google sekitar bulan Juni 2010 dan menghasilkan web indexing yang lebih baik dan lebih baru (menampilkan hasil pencarian yang lebih baru sekitar 50 persen) dibandingkan index Google sebelumnya.
Sekitar bulan Pebruari 2011, Google kembali memperbaharui algoritma hasil pencariannya (Google Panda) dengan lebih memprioritaskan konten yang orisinal, memiliki analisis mendalam dan punya manfaat tinggi untuk user untuk tampil di deretan atas hasil pencarianya, dan mulai membendung serta menyingkirkan keberadaan situs yang dinilai berkualitas rendah yaitu halaman-halaman situs yang hanya mempunyai sedikit konten dan malah membawa user ke halaman yang tidak penting, junk, spam dan lain-lain untuk tampil di deretan atas hasil pencariannya.
Kini Google kembali memperbaharui algoritma hasil pencariannya dengan menampilkan hasil yang lebih up to date. Salah satu karyawan Google, Amit Singhal dalam postingan blognya menyebutkan pembaruan algoritma ini dilakukan mengingat begitu pentingnya kecepatan penyampaian informasi di zaman sekarang ini.
Dengan algoritma baru ini, Google akan memprioritaskan hasil pencarian dari sumber-sumber terbaru soal peristiwa terkini dan akan memberikan dampak sekitar 35 persen lebih baik dari system yang lama dan betul-betul akan memberikan hasil pencarian yang lebih up-to-date dan relevan untuk konteks kekinian. Misalnya ketika anda mengetikkan keyword atau kata kunci “moto gp” walau tanpa embel-embel 2011 (moto gp 2011), maka yang akan ditampilkan adalah hasil terbaru dari ajang balap kuda besi tersebut, misalnya : 19 minutes ago – motogp.com · Stoner powers to Valencia victory. Contoh lain ketika kita mengetikkan kata kunci “olympics” maka yang akan ditampilkan adalah olympics London 2012.
Dengan model algoritma seperti itu biasanya yang merajai hasil deretan paling atas pada hasil pencarian Google adalah web-web yang selalu up to date macam portal berita. Lantas bagaimana dengan web atau blog yang jarang diupdate? yaa siap-siap aja turun peringkatnya, walau tidak selamanya seperti itu karena dalam konteks tertentu Google masih akan memberikan peringkat yang bagus kepada hal-hal yang masih banyak dicari dan dibutuhkan oleh pencari informasi walau itu kontent lama.

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak