BRI-Jamsostek Siapkan Uang Muka Perumahan


BRI-Jamsostek Siapkan Uang Muka Perumahan |  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Jamsostek (Persero) menandatangi perjanjian kerjasama untuk Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMPKB) untuk para peserta Jamsostek. Kerjasama ditujukan untuk mewujudkan sinergi antara kedua lembaga dalam penyediaan uang muka perumahan.
Jamsostek nantinya akan memberikan uang muka, sedangkan kami memberikan pembiayaan rumahnya.
-- Sofyan Basir
"Kerjasama ini untuk kepentingan masyarakat, dimana para peserta bisa membeli rumah. Jamsostek nantinya akan memberikan uang muka, sedangkan kami memberikan pembiayaan rumahnya," kata Direktur Utama BRI Sofyan Basir usai menandatangani perjanjian di Jakarta, Kamis (20/12/2012) petang.

Menurut Sofyan, fasilitas itu diprioritaskan kepada BRI karena bank milik pemerintah itu dinilai punya pasar yang luas untuk menjaring seluruh pelosok Indonesia. Sementara pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Jamsostek, Elvyn G Masassya, mengungkapkan kerjasama dengan perbankan BUMN itu berpotensi besar karena BRI memiliki jangkauan luas, sama halnya dengan Jamsostek dengan jumlah pesertanya di mana-mana.

"Ke depan kami akan menjangkau seluruh Indonesia. Karena itu akan dilakukan secara intensif di masa depan," ujarnya.

Di sisi lain, kerjasama itu juga diharapkan bisa meningkatkan dana pihak ketiga bank. Karena, sinergi ini juga bermanfaat untuk pelayanan cash management dalam menghimpun iuran dari peserta.
"Juga dalam rangka pembayaran klaim," tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Elvyn, akses pekerja untuk mendapatkan layanan Jamsostek melalui bank akan lebih mudah dan cepat.
Sumber