Mencegah Blog Di Banned

Mencegah Blog Di Banned | Mencegah Banned oleh Google

Search engine atau mesin pencari adalah mesin yang banyak membawa traffic untuk mengunjungi blog kita yang sangat efektif. Menurut pengalaman yang sudah Saya teliti sekitar 65%-90% pengunjung blog saya ini berasal dari beberapa search engine, dan hampir 80% nya berasal dari search engine yang paling populer saat ini, yaitu google.

Tapi bagi Anda yang memiliki blog atau website yang menginginkan pengunjung yang bayak, Anda harus tahu bahwa ada pantangan untuk Google. Ada beberapa hal yang sangat tidak disukai google yang dapat membuat pagerank blog / website Anda turun drastis jauh peringkatnya. Bahkan malah bisa saja tersingkir dari indexing mesin pencari google atau yang lebih biasa disebut di banned oleh google

Jika kejadian tersebut dialami pada blog atau web anda tidak heran kalau pengunjung blog atau website Anda bisa bisa akan menurun secara tajam atau sedikit dan bahkan mungkin tidak ada sama sekali, ihh seraaam. Untuk hal itu kita perlu mengetahui tentang apa saja hal-hal yang sangat tidak disukai atau dibenci oleh search engine terbesar didunia google agar web / blog kita terhindar dari banned oleh crawler google.

Dibawah ini tentang hal yang sangat dibenci oleh google yang menyebabkan blog / web Anda dibanned :

1. Membuat suatu web atau blog yang lain baik domain maupun sub domain dengan materi, content, desain, template yang sama atau meniru. 

Jika Anda ingin membuat banyak blog / situs website, sebaiknya mengisi dengan materi, content, desain, template yang berbeda pada masing masing situs / blog tersebut supaya tidak dianggap duplikat konten atau spam blog.

2. Memakai tulisan dengan menggunakan ukuran font huruf yang sangat – sangat kecil. Google manganggap sebagai tulisan tersembunyi sebab search engine mengidex blog untuk bisa dinikmati oleh manusia bukan robot. Itu termasuk sebagai Spam action.

3. Menggunakan sebuah link farm ataupun sebuah program yang sejenisnya untuk bertujuan meningkatkan SEO dan dianggap sebagai spam juga.

4. Menggunakan hidden text atau text tersembunnyi pada isi blog sebab search engine mengidex blog untuk bisa dinikmati oleh manusia bukan robot. Dahulu memakai hidden text memang dapat meningkatkan peringkat kita di Search Engine, tapi sekarang sudah tidak bisa dan akan dianggap spaming

5. Memasang gambar dengan menggunakan generate code. Hati hati jika ingin menampilkan sebuah gambar. Lebih baik gambar di upload langsung ke hosting blog kita daripada menampilkan memakai generate kode.

6. Membua situs website / blog Scraper. 

Situs web atau blog yang dimaksud adalah blog yang dibuat hanya untuk mengais uang melalui program google adsense. Jika sebuah blog memiliki konten artikel yang sangat sedikit tulisan atau minim sekali tetapi iklan yang dipasang sangat banyak dan link keluar mengarah ke website lain, maka di vonis sebagai scrapper blog.

7. Terlalu banyak mengulang-ulang keyword yang sama secara terus menerus pada satu halaman (keyword stuffing). Menggunakan meta keyword memang penting bagi SEO, tapi sebaiknya keyword disusun menjadi kalimat yang tidak janggal dan tidak terlalu berlebihan agar google tidak menganggap sebagai spam.

8. Menggunakan hidden image link atau link gambar tersembunyi. Sangat berpotensi sebagai spam.

9. Menggunakan sebuah program atau script tertentu yang mengirimkan query otomatis kepada server google. Jika google menilai hal yang dilakukan tersebut membebani atau mengurangi sistem kinerja server google, maka Anda akan di banned

10. menggunakan kata kunci atau meta keyword yang tidak relevan dengan isi konten atau sama sekali tida ada dalam isi content. Gunakanlah keyword yang sesuai dengan tag dan tema blog. Contoh, Anda membuat blog dengan isi artikel mengenai “Vulkanisir” tetapi Anda memasang meta Keyword “Rahasia Membuat Blog” yang sama sekali tidak ada angkut pautnya maka Anda dianggap spam.

11. Cloaking. 

Ini merupakan salah satu trik yang sangat dibenci oleh google dimana halaman untuk pengunjung berbeda sekali atau dibedakan dengan halaman untuk search engine. Jadi jika anda menggunakan cloaking, berhati–hatilah tidak menutup kemungkinan blog Anda akan dibanned.

12. Isi postingan blog atau artikel yang sama persis atau mempunyai kemiripan yang sangat tinggi dengan isi artikel blog tetangga maksud Saya blog lain. Akan dianggap sebagai hasil copy paste posting dari blog lain bisa menjadi ancaman dan dianggap sebagai duplikat content. 

Sebaiknya hasil karya sendiri akan lebih membanggakan atau di edit terlebih dahulu.

13. Mengikuti sebuah program sistem link yang bertujuan untuk meningkatkan SEO semisal “Free for all directories” atau “Free Oneway SEO Links” dan lain sebagainya. Sebab google anggap sebagai tindakan spam dan curang. Jadi dihindari dan sebaiknya gunakan trik kita bertukar link dengan blog / situs yang mempunyai tema artikel yang sama dengan blog Anda.


Memang banyak sekali peraturan dalam membuat blog yang bisa di index oleh mesin pencari google, sering-seringlah mencari informasi mengenai peraturan dari Google sebab pasti akan selalu bertambah dan lebih ketat lagi. Berusaha Mempertahankan posisi blog pada pagerank google memang sangat sulit. Sebaiknya kita tetap fokus dengan konten dan kualitas konten blog kita dan tetap harus berhati – hati jika menggunakan trik trik SEO yang ada agar tidak membuat kita malah di banned oleh search enginge google.

Tingkatkan posisi blog dan pertahankan.Masalah ?