Pemandian Air Panas Alam Payung

Pemandian Air Panas Alam Payung | SELAMAT DATANG DI PEMANDIAN LAU MELAS PAYUNG SIMALEM | Panas Alam Payung terletak di Desa Payung Kecamatan Payung Kabupaten Karo, jalan menuju Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Kutabuluh Simole.



Air Panas Alam Payung berada di kaki gunung Sinabung yang berjarak 5.5 Km dari Puncaknya. Air panas alami yang kadar belerangnya sangat rendah, dan berbentangkan sawah-sawah yang indah.

Inilah yang menjadi kelebihan air panas gunung Sinabung ini yang sangat berbeda dengan gunung Sibayak yang air panas alamnya sangat berbau belerang. Sejak lama belum ada penduduk desa Payung yang berada di luar desa ini ataupun investor yang mengelola harta karun ini menjadi objek wisata yang dapat meningkatkat ekomoni penduduk setempat.
Walaupun lokasi pemaindian belum termasuk kategori objek wisata namun perlahan lokasi tersebut tetap dibenahi walaupun sering ada isu-isu GUNUNG SINABUNG BERGEJOLAK lagi, memang agak waswas juga apabila terjadi seperti gunung Merapi, karena Lokasi Pemandian ini Berada Di Tepi Sungai Lau Borus yang posisinya di kaki Gunung Sinabung. Tapi itulah fenomena alam yang harus kita hadapi, kami percaya Sinabung akan baik-baik saja. Dan kami percaya Sinabung tetap diawasi dan tidak akan meletus dengan tiba-tiba. Begitu kata SURONO, pakar gunung api di Indonesia.


Asiknya lagi, Penleiti setiap bulannya memeriksa keadaan sumber mata air panas disekitar Kolam Pemandian karena disitu sumbernya air panas yang paling besar yang ada dikaki gunung Sinabung. Katanya untuk memeriksa kadar gasnya, perubahan suhu panas airnya, dsbnya.

Kelebihan Air Panas ini bersumber dari Gunung Sinabung dan tidak berbau belerang, selesai mandi badan segar tidak lemas, tidak berbau, dan dapat menyembuhkan banyak penyakit, seperti gatal-gatal, asam urat, penyakit gula (apabila air panas tesebut diminum secara rutin), dan sebagainya.