Ulang Tahun ke-15, Google Doodle Ajak Main Permen

Rayakan Ulang Tahun Ke-15, Google Hadirkan Doodle Pinata | Ulang Tahun ke-15 hari ini 27 September 2013, Google Doodle Ajak Main Permen | Ada cara unik yang dilakukan Google untuk merayakan hari jadinya yang ke-15. Pengunjung akan diajak bermain game populer "pinata" di Google Doodle. "Pinata" merupakan permainan yang biasa ditujukan untuk anak-anak. Umumnya, "pinata" dilakukan saat ada perayaan ulang tahun.

Permainan ini melibatkan satu orang. Pemain akan diminta memukul wadah tertutup yang terbuat dari kardus. Wadah ini biasanya berisi permen. Dengan mata tertutup, pemain akan memukul wadah tersebut hingga permen-permen berjatuhan. Semakin tepat pemukul diarahkan maka semakin banyak permen yang berjatuhan.

Itulah yang ingin disuguhkan Google di hari bahagianya ini. Saat mulai membuka laman Google, pengunjung akan langsung melihat gambar kue tar yang dilengkapi lilin angka 15. Kue itu dikelilingi oleh kelima huruf Google, yakni G,o,o,g, l, dan e. Tepat di tengah kue, ada tombol “play” untuk memulai permainan "pinata".

Saat itulah Google langsung menampilkan si huruf "g" sebagai ikon pemain. Ia sudah dilengkapi dengan tongkat pemukul berwarna-warni. Di tengahnya, terdapat wadah berbentuk bintang yang berisi permen. Tak lupa, Google menunjukkan cara permainan, yakni dengan bantuan tombol “space” di keyboard komputer.

Disaksikan huruf lainnya, si ikon huruf "g" mulai mengayunkan tongkat saat pengguna memencet tombol “space”. Pengguna diberikan 10 kali kesempatan memukul wadah bintang tersebut. Semakin lama dipukul –apalagi jika tepat sasaran-- permen-permen akan berjatuhan dan wadah bintang mulai terlihat rusak.

Jika 10 kesempatan memukul sudah habis, maka akan ditampilkan jumlah permen yang berhasil dijatuhkan lewat papan skor. Selain menampilkan skor, tampilan ini juga menunjukkan ikon-ikon huruf tengah mengelilingi toples yang berada di atas meja. Toples tersebut berisi permen yang didapat dari permainan tadi.

Yang membuat permainan semakin menyenangkan adalah ikon-ikon huruf yang memiliki ekspresi. Jika pemain bisa memukul "pinata" tepat sasaran, ekspresi senyum akan terlihat. Namun, jika gagal, ekspresi sedih akan ditampilkan.

Begitu pula saat menunjukkan papan skor. Jika mendapat skor lebih dari 100, toples akan terisi penuh dengan permen, dan ikon-ikon ini akan tersenyum senang. Namun, jika mendapat skor kurang dari 100, toples akan terlihat tidak penuh dan tentunya, ikon-ikon tersenyum kecut. Selamat mencoba bermain "pinata"! ---tempo.co--