Ulang tahun ke 147 Paul Outlet,Pendiri Mundaneum

Paul Outlet – Sang Pendiri Mundaneum
Jangan kaget kalau anda menuju halaman Google berbeda,dengan penampilan halaman pencarian Google hari ini. Nampak susunan laci kabinet yang membentuk katak Google. Ada apa ya? Ya, tepat tanggal 23 Agustus ini, Google Doodle merayakan hari Ulang tahun ke 147 Paul Outlet,Pendiri Mundaneum.

Mundaneum sendiri adalah organisasi yang didirikan pada tahun 1910 dengan tujuan mengklasifikasi dan mendokumentasi seluruh data serta ilmu pengetahuan di muka bumi. Pendirinya adalah seorang pengacara asal Belgia bernama Paul Otlet. Paul Otlet yang juga akhirnya menerima Nobel Perdamaian berniat untuk mengumpulkan semua data informasi dan mengurutkannya berdasarkan sistem ” World Decimal Classification” yang berhasil ia ciptakan.

Keinginan tersebut lantas menjadi dasar didirikannya organisasi Mundaneum pada 23 Agustus 1910 bersama Henry La Fontaine. Berdua mereka membuat International Conference of International Associations yang bukan hanya membahas mengenai klasifikasi ilmu pengetahuan namun juga sistem ekstraksi data yang menjadi cikal bakal ide dari internet.

Paul Otlet lantas membangun pusat data Mundaneum di kota Mont, Belgia yang masih ada hingga sekarang. Mundaneum disebut-sebut sebagai pusat pemikiran Paul Otlet mengenai klasifikasi ilmu pengetahun serta data yang membawanya kepada ide tentang Web page sistem.

Oleh seorang pembuat film dokumenter asal Prancis, Paul Otlet disebut sebagai “Pria yang ingin mengklasifikasi dunia; mulai dari kartu indeks hingga keseluruh dunia. Seorang visioner kehidupan dari Belgia.”